Sugeng Rawuh wonten blog kula,mugi-mugi panjenengan sedaya saged remen kaliyan blog kula lan ampun kesupen ngisi buku tamunipun gih.matur nuwun sanget.Nuwun

Sabtu, 08 November 2008

Kemegahan masjid terbesar di Eropa, lukisan keagungan Islam



CHECHNYA (Suaramedia) - Sebuah Masjid baru di daerah Chechnya - digambarkan sebagai Masjid terbesar di Eropa – telah diresmikan.
Masid Pusat Chechnya telah dibangun di pusat ibu kota, Grozny, di tempat dimana perang sipil beberapa tahun lalu meledak.
Ratusan penduduk sekitar mendatangi peresmian Masjid yang dibangun untuk memeringati terbunuhnya pemimpin pro-Kremlin Chechnya, Akhmad Kadyrov.
Putranya yang bernama Ramzan –penguasa saat ini – memimpin upacara pembukaan Masjid tersebut. Beberapa Muslim memainkan alat-alat musik tradisional di depan Masjid yang dibangun dengan gaya klasik Ottoman itu, sekilas mengingatkan kepada Masjid Sultan Ahmad di Istanbul.

Bangunan yang mengadaptasi struktur bangunan Turki ini dapat menampung sekitar 1.000 orang. Masjid ini berdiri dengan gagahnya di tempat yang dulunya merupakan reruntuhan, kata seorang koresponden BBC, James Rodgers.
Sedangkan menaranya menjunjung tinggi di pusat Grozny, dimana masih banyak jalan dalam tahap pembangunan.

Beberapa tahun silam, di tempat Masjid dan wilayah di sekitarnya tersebut hanya sebidang tanah dengan bangunan yang hampir roboh.

Ramzan Kadyrov telah mengepalai program pendanaan Masjid Moskow, dengan proyek Masjid tersebut sebagai program intinya.

Seperti ayahnya, Tuan Kadyrov juga pernah melawan peraturan Moskow, namun akhirnya berpindah pihak.

Pada upacara pembukaan Masjid tersebut, dia menunjukkan kesetiaannya pada Kremlin, mengatakan bahwa dengan bantuan kekuasaan federal, masyarakat Chechen –penduduk asli Chechnya - dapat menghentikan rencana penggulingan Rusia.

“Masyarakat Chechen…telah memertahankan keutuhan Rusia serta kesmurnian Islam”. (by BBC) dikutip http://www.suaramedia.com ) Visit Orgl Info Vast New Mosque opens In Chechnya

0 komentar: